x

Simak, Ini Bacaan Yang Paling Dicintai Allah

2 minutes reading
Thursday, 6 Apr 2023 04:20 0 113 mustaghfir

Suatu hari Rasulullah Saw bercengkerama dengan Abu Dzar Al-Ghifari r.a., Beliau bersabda kepadanya,” Tidakkah kamu mau kuberitahukan tentang bacaan yang sangat dicintai oleh Allah SWT?, ‘ Mau, wahai Rasulullah, bacaan apa itu,’? kata Abu Dzar penasaran. Kemudian Rasulullah Saw menjelaskan,” bacaan yang paling dicintai Allah adalah ‘ subhanallah wa bihamdihi‘. ( HR. Muslim).

Mengapa Allah mencintainya?

Karena pahalanya lebih besar dari ( pahala) sedekah segunung emas.

Rasulullah Saw.bersabda,” barangsiapa dihimpit rasa hawatir terhadap gelapnya malam, dikekang pelit untuk menyedekahkan harta atau digelayuti oleh rasa takut bahwa musuh akan membunuhnya. Maka perbanyaklah membaca ‘ subhanallah wabihamdihi’. Sesungguhnya bacaan itu lebih dicintai Allah ketimbang sedekah dengan segunung emas di jalan Allah.”( HR. Thabrani dari Abu Umamah Al Bahili).

Bermacam dosa diampuni.

” Barangsiapa membaca ‘ subhanallah wabihamdihi’ ‘ sebanyak 100 X dalam sehari. Maka terhapuslah kesalahan – kesalahannya meski sebanyak buih di lautan”.

Setiap bacaannya bernilai satu pohon kurma yang ditanam di dalam Surga.

” Barangsiapa membaca ‘ subhanallah Al ‘Adzim wabihamdihi’. Maka ditanamkan pohon kurma di dalam Surga ( untuk setiap bacaannya).”( HR. İbnu Hibban).

Sebaik- baik bacaan lesan.

Rasulullah Saw pernah ditanya,’ apa bacaan yang paling utama?,’ Beliau menjawab,’ bacaan yang telah dipilih Allah untuk malaikat dan semua hambaNya. Yaitu سبحان الله و بحمده ( Maha Suci Alllah, kami memuji- Nya). ( HR. Müslim).

Tak seorangpun mampu membandinginya.

” Barangsiapa Yang membaca di pagi dan sore hari ” سبحان الله و بحمده ( Maha Suci Allah kami memuji- Nya) sebanyak- seratus kali. Maka kelak di hari Kiamat tak seorangpun Yang mampu mengunggulinya kecual mereka Yang juga telah membaca apa Yang dirutinkan olehnya, yaitu bacaan ‘ سبحان الله و بحمده ( HR. Müslim ).

Oleh : Ust. Muzaidi, Lc.

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun,
    Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat,- Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai’.-
    (Q.S. Nuh : 10-12)

    LAINNYA
    x